Jerawat Membandel? Atasi dengan obat jerawat herbal alami. Klik di sini!

Tips Agar Puasa Selalu Sehat dan Bugar

Tips Agar Puasa Selalu Sehat dan Bugar

Kebutuhan nutrisi saat puasa wajib dipenuhi saat sahur dan berbuka agar tubuh tidak lemas saat menjalankan puasa. Jika Anda ingin menjalankan puasa dengan hati dan tubuh yang ringan sebaiknya perlu memperhatikan apa yang Anda santap di kedua waktu tersebut. Tubuh memerlukan kondisi yang fit dan sehat saat puasa agar bisa menjalankan aktivitas.

Berikut ini beberapa tip sehat agar puasa Anda terasa ringan dan tubuh selalu bugar.

Cukup Cairan Tubuh

Tidak makan dan minum dalam satu hari akan membuat tubuh akan cepat mengalami dehihdrasi. Karena kebutuhan cairan seseorang di hari biasa 8 gelas air sehari untuk diminum. Untuk mencukupinya selama berpuasa, minumlah sejumlah 8 gelas air putih sehari di waktu sahur dan berbuka.

Asupan Karbohidrat

Anda perlu makan karbohidrat agar tidak cepat lapar. Karbohidrat yang dimaksud yakni karbohidrat kompleks seperti nasi, nasi merah, oatmeal, jagung, ubi, roti gandum. Agar kenyang lebih lama juga perlu makanan berserat seperti sayuran dan kacang-kacangan. Makanan berserat akan menjaga Anda dari masalah pencernaan seperti perut terasa tidak enak, susah buang air besar, dan diare.

Perlunya Protein

Protein penting juga dikonsumsi untuk mengimbangi asupan karbohidrat jika Anda ingin menurunkan berat badan saat selama berpuasa. Ubah pola makan dari perbandingan nasi lauk dua banding satu menjadi sebaliknya. Makanan berprotein seperti daging, kacang-kacangan, ikan, dan putih telur akan menguatkan otot dan membantu Anda selalu merasa kenyang.

Konsumsi lemak baik

Lemak baik (HDL) membantu tubuh dalam penyerapan nutrisi dari makanan yang dimakan. Lemak ini juga menurunkan kolesterol, bagus untuk penderita jantung serta menyuplai energi pada tubuh. Lemak baik bisa diperoleh dari minyak zaitun, buah alpukat, dan kacang-kacangan.

Kurangi makanan bergaram

Makan makanan asin akan membuat tubuh cepat merasa lapar dan haus terutama saat sahur tiba. Seringnya mengkonsumsi garam bisa membuat seseorang terserang stroke, komplikasi jantung, dehidrasi.

Konsultasi ke Dokter

Masalah kesehatan perlu dikonsultasikan pada dokter jika ingin puasa Anda lancar. Maag, bab tidak lancar, anemia, diabetes dan masalah lain perlu Anda tangani agar puasa tidak terganggu. Biasanya dokter akan memberikan advis pola makan, konsumsi multivitamin dan obat-obatan tertentu serta kebutuhan olahraga saat berpuasa.

Olahraga itu Perlu

Berpuasa bukan berarti membuang kebiasaan Anda berolahraga. Justru olahraga akan membantu tubuh menggali energi Anda lebih banyak daripada tidur. Saat olahraga yang tepat yakni menjelang berbuka denganĀ  intensitas ringan.





Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *